Selasa, 20 Januari 2009

AIR LAUT MENGGENANGI PLAZA TOLITOLI

Baru - baru ini telah terjadi sebuah peristiwa yang baru kali ini dialami oleh sebagian besar masyarakat Tolitoli.
Peristiwa tersebut terjadi dalam 2 (Dua) Hari berturut - turut, yang diawali dengan naiknya permukaan air pasang yang tidak biasanya atau mungkin yang biasa kita dengar dengan istilah rob. Tepatnya peristiwa tersebut terjadi pada hari minggu tanggal 11 Januari 2009.
Air pasang tersebut sempat menggenangi pusat perbelanjaan terbesar di kota tolitoli yang kebetulan berada di sekitar pantai. Saksi mata
yang sempat ditemui mengatakan "Air pasang tersebut sama sekali tidak diperkirakan bakal setinggi hari itu, bahkan lebih parah lagi karena bertetapan dengan angin laut yang cukup kencang sehingga terjangannya sangat kuat disekitar bibir pantai tolitoli" demikian kata Ongges yang kebetulan adalah merupakan salah seorang aktivis Univ. Madako yang juga selama ini sangat sering berada disekitar pantai karena sedang mengadakan penelitian dalam rangka studi akhirnya.
Lebih lanjut dikatakan oleh sebagian masyarakat ini sebenarnya merupakan fenomena alam yang tidak perlu kita takutkan, karena pada hakekatnya wilayah kota tolitoli dulunya adalah merupakan daerah rawa yang sudah biasa digenangi air laut.
"Tapi kan itu dulu" sahut salah seorang warga yang memang sudah sejak lama mendiami kota Tolitoli. Peristiwa seperti diatas baru kali ini terjadi dalam beberapa dekade terakhir.
Atau...apakah ini dipengaruhi karena mulai mencairnya es dikutub yang notabene ikut mempengaruhi tinggi permukaan air laut???
Apakah ini yang disebut Global Warming Effect???

Tidak ada komentar: